Kamis, 17 Maret 2016

Pelatnas 2 TOKI 2016

Hai~ :v

Walaupun banyak kerjaan (seperti PR MPKT-A yang tak ada habisnya), saya pengen nge-blog dulu huehue.

Buat yang join olimpinfo, berteman dengan Irvin di FB, atau liat forum TLX, pasti tahu kalau Pelatnas 2 TOKI 2016 baru saja berakhir. Pertama-tama, selamat buat yang lolos :) buat yang tidak, jangan berkecil hati karena perjalanan kalian nggak berhenti di sini juga (kecuali kalo emang udah gak tertarik CP :P ). Anyway, kenapa saya mau nge-blog Pelatnas 2? Padahal saya kan sudah "terlalu tua" untuk ikut Pelatnas? Sebagai peserta, iya. Sebagai panitia? Nggak ada kata "terlalu tua" :3

Yup, selama seminggu, saya diundang untuk ngajar di P2 di ITS. Bagi saya sendiri sih, ini bisa dibilang kayak "hadiah" hasil "kerja rodi" selama 1 semester :') Sebenarnya, ada 3 orang yang diundang untuk ngajar, masing-masing seminggu. Minggu pertama Irvin, minggu kedua dan ketiga tukeran saya dan Agus. Bagaimana jadwal saya dan Agus ditentukan? Solusi sejuta umat: siut. Pas TOKI Camp, kami berdua siut, yang menang yang nentuin. Dan jadinya saya yang datang di minggu kedua :v

Mengingat nggak masuk seminggu, tugas yang bisa dikerjakan saya kerjakan dulu. Masalahnya, walaupun saya berangkat senin, sabtu-minggu saya ada acara Ristek. Jadinya, saya hari minggu sore, sepulang acara ristek, ngebut nugas PSD dan Alin. Sudah gila. Untung selesai. Saya sudah berpikir nyiapin 6 boneka voodoo in case tugas PSD ada revisi seperti biasa. 1 boneka untuk 1 asdos.

Hari senin, saya bangun pagi-pagi lalu cabut ke bandara. Kepagian sih -_- jadinya nunggu lama di bandara. Sesampainya di Surabaya, saya lalu mampir ke Gardena Homestay dulu untuk naruh koper, terus lanjut ke tempat Pelatnas. Sesampainya di sana, ternyata lagi sesi pembahasan. Karena disuruh makan, saya makan dulu. Gila. Makanannya enak. Yakin seminggu di sini bakal lupa rasa mi instan yang biasa dibeli di warkop.

Oh iya, pas saya datang mungkin kesannya kayak ninja. Peserta pada gak sadar. Pas udah selesai makan, dan saya nontonin pembahasan, baru deh peserta sadar kalau saya sudah ada :') btw, saya agak terkejut ngeliat ada Stacia di sini o_o Udah gak perlu belajar buat UN ya mbak? :') Selain itu, ada peserta, Sonny, yang mirip Anthony sehingga kadang saya sebut "Anthony Jr.". Ada juga panitia yang saya baru tau namanya dari Agus beberapa hari yang lalu, Deva. Kenapa saya bisa baru tahu namanya dari Agus? Karena selama di sana, saya, Ari, dan Fendy manggilnya "Rakina". Untuk mempermudah sebut saja Rakina-nya ITS.

Terus, seminggu ini ngapain? Well, kurang lebih sih:
  • Pagi: nontonin anak-anak ngerjain latihan dimana latihannya sering tidak kondusif.
  • Siang: makan, terus bahas soal
  • Siang-Sore: nontonin anak-anak ngerjain latihan + diskusi yang Oh My God tolong jangan seliar ini dek tolong dek tolong
  • Malam: ngerjain tugas sama bikin pembahasan untuk besoknya
Btw, daftar slide yang saya buat bisa diliat di sini
 Oh iya, karena Pak Rully baik, jadinya seminggu ini soal-soal latihan mereka mayoritas soal yang saya test \ :v / Pembahasan yang saya berikan biasanya soal yang tidak ada yang solve. Iyalah, ngapain bahas soal yang udah ada yang solve. Mending mereka yang bahas. Biar gak usah bikin slide juga wkwk :v

Hari selasa pembahasan pertama saya, ngebahas Colorful Tree, soal ternajis yang pernah saya coba. Sebelum pembahasan, saya sudah diwanti-wanti untuk "siap mental". Untungnya, saya sudah biasa dikacangin kalau di rumah :')

 Latihan di hari selasa berjalan biasa saja, walaupun awalnya saya berharap ada satu soal dengan ide keren yang bisa at least salah satu dari mereka solve :' Malam hari Selasa, saya dan Ari diajak Pak Rully untuk makan soto ayam Cak H*r. Oh iya, ini tempat makan yang tahun lalu saya kunjungi pas P2 :') dan sotonya enak :') Pas makan ketemu Yusro dan mbak.. lupa siapa. Maaf ._.v Pas mau netesin jeruk nipis, saya bingung karena lubang di jeruk nipisnya gak jelas. Horor gak sih, kalau pas neken, airnya muncrat ke mata. Moral of the story: Pakai kacamata

Soto Ganja

Hari rabu merupakan hari bersejarah. Ada suatu event yang yah.. hebat ._. Siangnya, saya memberi pembahasan soal hari selasa. Selain itu, siang itu juga saya bahas algoritma Tarjan, walaupun mungkin gak jelas maaf ya ._.v Malamnya, saya main ke tempat teman SMA saya, Oktara. Pas ke tempatnya, saya nyasar dulu selama beberapa menit. Pas tanya nama tempatnya, dan jalan beberapa saat, saya baru sadar kalau itu tempat saya di-drop dari taksi. Kampret tenan. Habis ngobrol-ngobrol, saya balik ke Gardena.

Setelahnya, saya bikin PR Fisika Dasar 2 dengan "bantuan" dari Agus. Besoknya, pas ke ITS, saya lalu scan jawaban PR saya. Ketika mau buka laptop, hebatnya saya lupa baya charger. Untungnya kak Theo baik, mau ngantar ke Gardena buat ngambil charger. Pas balik, saya lalu kirim email tugas ke dosen FisDas 2. Pas agak siang, saya cek email, ada email:

Selamat pagi,

Kayanya kamu lupa attach hasil scan nya ya?

Salam,
-bayu

GOBLOK LUPA NGE-ATTACH PR-NYA

Siangnya, saya bahas soal-soal hari Rabu dengan bantuan kak Eric. Oh iya, ada satu slide yang saya share ke publik. Mahakarya saya. SPOJ - Party! Hari ini juga saya agak kesel karena mereka apa yang saya dan Agus sepakat, "kurang mandiri". Oke, mungkin pas latihan ngejar yang mayoritas lagi kerjain itu mungkin masuk akal. Cuma, kalian yakin itu soal paling ez hari itu? :'(

Malamnya, kembali lagi saya diajak makan sama Pak Rully. Malam itu, saya ke Rawon Setan dan Sate Ondomohen. Pas di tempat sate, saya ketemu Fadel, teman SMA saya, dan bapaknya. Well, jadinya anak-anak angkatan saya yang kuliah di Surabaya mungkin pada tahu kalau saya lagi ke Surabaya :') cuma maaf gak ada waktu buat ketemuan :'( Kalo tahun depan ke Surabaya lagi kuusahain deh :')

Rawon Ganja

Sate Ganja

Hari Jum'at-nya, udah lebih stabil pas latihan. Soalnya emang lebih mudah sih :v Cuma rada kecewa pas soal yang "solusiku magic dan aku tak tahu kenapa itu benar" gak ada yang attempt T_T Bodo amat sih tapi :v Malamnya, saya, dan beberapa asisten diajak makan sama Pak Rully ke Galaxy Mall. Saya makan sushi (yang nunggunya lama bener) dan spaghetti (yang rasanya enak bener). Pas makan, Fendy mau ngegabungin meja, cuma gak dibolehin ibu-ibu di situ. Pas ibu-ibunya gak liat, Fendy sama Ari mo ngegabungin, cuma ibunya keburu noleh. Ari langsung buru-buru balik, tapi Fendy kecantol di meja itu. Sampe kami selesai makan. Maaf ya Fen, aku tertawa di atas penderitaanmu.

Spaghetti Ganja


Pas balik, saya, Fendy, Yusro, dan kak Eric nebeng Ari. Wew, Ari punya Chitato rasa Indomie! Pas lagi otw keluar, Ari lagi ngebacot kayak biasa. Pas lagi ngebacot, ada mbak-mbak lewat.

Ari: *bacot* *bacot* *noleh* "anjir mbaknya cantik"

Gak kaget kalau suatu hari Ari kecelakaan ringan. At least semua tahu penyebabnya.

Pas mo keluar, entah kenapa ada ide gila pengen ngasih mbak kasirnya chitato sebagai pembayaran :v cuma niat ini diurungkan karena rasanya tidak etis wkwk.

Malamnya, pengecekan akhir soal untuk kuis 2. Sekalian kami diskusi soal apa kira-kira yang mereka bakal banyak AC. Well, semoga aja besoknya gak terjadi apa-apa.

Besoknya, kuis 2! Sialnya, di awal ada masalah teknis, beberapa disconnect. Selain itu, ada masalah kecil di deskripsi soal, namun selain itu berjalan lancar-lancar saja. Pas ngeliatin mereka kuis, entah kenapa ada rasa nostalgia gitu. Kangen juga saat-saat duduk di posisi mereka :')

:')

Siangnya, mereka digiring ke tempat penginapan baru. Karena saya gak perlu pindahan, saya jadinya stay di ITS saja, baca-baca komik dan nyicil kerjaan simulasi (walaupun ujung-ujungnya gak jadi ngurus soal yang bersangkutan). Sorenya, Agus datang, dan saya, Agus, dan Pak Rully diskusi sedikit mengenai peserta. Well, buat yang penasaran, bayangin aja gosip ibu-ibu deh :v

Selain itu, Agus bawa berita kampret: Selama saya pergi, PSD dan FisDas 2 kuis. Kampret e pol. Untungya, dia bilang saya datang kuis FisDas atau nggak sama saja. Sama-sama rekt pastinya.



 Sorenya, para peserta balik. Karena mereka akan ngerjain COCI di ITS, jadinya ada waktu santai dari sore sampai jam 9. Disediakan makanan banyak dan film. Sebelum itu, ada juga yang main Avalon, game yang tidak cocok buat saya yang punya trust issue. Sementara saya gak tau mereka ngapain, saya dan Agus main game Tower Defense dari Warcraft III. Pas Agus ngajakin mereka main, kampretnya, ada satu anak, sebut saja D, bilang "game tahun berapa itu kak?". Gila. Kami udah setua itu ya?

Sebelum COCI, saya dan Agus ngomongin dulu beberapa hal ke mereka, kayak hasil observasi saya seminggu ini, sama saran buat saat kontes. Setelah itu, mereka mulai COCI. Asisten juga ikut COCI. COCI-nya kampret parah. Saya benci parsing.

Tengah malam, mereka lalu diantar pulang ke penginapan baru, sementara saya ke Gardena. Agus juga nginep di kamar saya karena disuruh Pak Rully. Saya lalu packing, biar paginya nyantai.

Paginya, saya balik dengan aman terkendali tanpa masalah. Akhirnya kembali ke kehidupan kuliah lagi :'

Well, untuk menutup, saya ingin berterima kasih dengan Pelaksana P2, karena ngundang saya ke ITS, dan memberi akomodasi yang "wah" (saya sudah lupa makan enak sampai tiba di Surabaya). Buat peserta, maaf kalau aku lebih sering gak jelas :') Aku mah emang gitu orangnya :')

Sayonara~

Trivia:
  • Saya kadang nyebut mereka generasi diabetes, karena lebih sering minum nutrisari daripada susu
  • Berhubungan dengan itu, ada peserta yang pernah "makan" instead of "minum" nutrisari. Nak, kamu masih muda. Jangan diabetes dulu
  • Fendy nunjukin narator Avalon pakai google translate. Ngakak parah. Bayangkan:
    "tahan, tahan, tahan, tahan"
    jadi
    "bear, bear, bear, bear"
  • Anak jaman sekarang beda banget suasana Pelatnasnya dibanding 2 tahun aku ikut :'3
  • Mungkin karena gak ada orang sinting kayak Om Ganteng sama objek bully-an kayak Kevin?
Categories: ,

1 komentar: